Saturday, March 12, 2022

Marrying Daisy Bellamy Insight Day12

 


#maksakeunmaca

#onebookonemonth

#day12

Judul Buku: Marrying Daisy Bellamy

Penulis: Susan Wiggs

Jumlah Halaman: 533

Penerbit: Gramedia

Alih Bahasa: Nur Anggraini

Cetakan Agustus, 2014

Bagian Sebelas

Tentang bagaimana Daisy yang kehilangan Julian, berusaha untuk tetap hidup demi Charlie, alasannya untuk hidup. Itu pula yang kurasakan, Dale adalah alasan aku untuk tetap hidup. Apalagi setelah eyang meninggal, rasanya seperti kehilangan satu-satunya orang tua, sekaligus sahabat, sekaligus support system. Ayahku berusaha dengan sekuat tenaga agar aku tidak merasa kehilangan. Karena itu setelah 20 tahun, beliau memintaku kembali tinggal dengannya, walau dengan awal yang seperti biasa beliau begitu keras kepadaku seolah-olah aku anak laki-lakinya, tapi kulihat akhirnya ia berusaha untuk melihatku sebagai wanita dewasa (41 sudah bukan umur yang muda lagi untuk diperlakukan seperti anak kecil). Juga supaya aku satu atap dengan Dale, alasanku untuk hidup. Mungkin bapak banyak mendengar ilusi tentang 3 kali percobaanku untuk bunuh diri. Jauh sebelum aku melahirkan Dale.

Anak-anak seperti Charlie dan Dale memang simple. Tapi tidak pernah kutemukan Dale melakukan hal yang naif seperti Charlie, memanjat pohon demi dapat bertemu Julian di surga. Separah-parahnya Dale tidak kuat dengan suara hujan yang berisik dan menyakiti telinganya, ia tetap tahu bahwa hujan tidak dapat dihentikan dengan remote control (Karena kusuruh ia menggunakan salah satu remote control untuk menhentikan hujan). Lalu katanya,”You’re silly. We can’t stop the rain with a remote control”, tangisnya berubah menjadi senyum. Lalu, untuk apa bertanya hujan kapan berhentinya, Dale?

Bagian Dua Belas

Ilusi bahwa hidup itu indah, adalah keahlian Daisy. Sementara, ilusi bahwa setiap orang adalah baik, serta kedamaian dan ketentraman dapat dijaga tetap ada, adalah keahlianku. Ya, mungkin aku si penjaga perdamaian. Jika seseorang berkata buruk tentang seseorang lainnya, jangan harap orang lainnya tersebut akan mengetahuinya dari mulutku. Rahasia yang kubawa sampai mati. Kecuali rahasia perlu dijual dan membeli perdamaian, itu akan aku lakukan. Aku, si penghindar konflik.

No comments: